Sabtu, 19 Maret 2016

Cloud computing is safe!

Pada pos terakhir kita sudah berkenalan dengan komputasi awan dan Microsoft Azure. Di pos kali ini saya akan berbagi apa yang saya telah dapatkan dari program MSP, lanjutan dari pos sebelumnya...

Second. Microsoft Virtual Academy Certificate of Completion
Apakah temen-temen sudah terpikirkan kalau data kita letakkan di jaringan internet maka resiko tidak amannya data sangat besar? Jika sudah, lalu temen-temen pasti mulai bertanya-tanya tentang keamanan dari komputasi awan. Saya telah mengikuti kursus mandiri singkat di Microsoft Virtual Academy dan ternyata komputasi awan sangat menjamin keamanan data kita!

Dari materi keamanan di dunia berbasis cloud ada beberapa bagian-bagian yang dapat kita pelajari yaitu penyedia cloud terpercaya; strategi keamanan, tata kelola, dan operasionalisasi cloud; kontrol administratif; keamanan informasi dan data; keamanan identitas pengguna dan perangkat; keamanan aplikasi, jaringan, OS, dan fabric. Keseluruhan dari materi tersebut ada beberapa pokok yang dapat diambil yaitu komputasi awan dan keamanan dalam internet memaksa kita untuk berpikir berbeda. Kita harus menjadikan cloud sebagai jalan untuk menyelaraskan bisnis dengan keamanan dengan cara lebih memfokuskan resource keamanan IT kita. Sumber daya manusia, proses, dan teknologi sangat berpengaruh pada keberhasilan keamanan pada cloud. Selain itu kita harus memprioritaskan beberapa hal, diantaranya kita harus fokus pertama kali pada prinsip "Do No Harm" dan fokus kepada dampak terbesar dari kontrol administratifnya. Kemudian hal yang paling penting untuk diamankan adalah data! Akan tetapi kita juga tetap harus menjaga layer-layer yang lain supaya data kita aman.

Temen-temen bisa ikut belajar materi ini dan mencoba penilaian yang disediakan pada link ini.
Setelah temen-temen selesai temen-temen bisa mendapatkan sertifikat seperti milik saya berikut



Third, at last but not least, kenapa harus menggunakan Microsoft Azure?
Azure memiliki kelebihan yang sangat banyak diantaranya dalam scaling, redundancy, failover, storage, authorization, dan lain sebagainya. Azure juga memiliki pilihan arsitektur yang baru. Azure sangat cocok untuk semua pihak, entah itu individu, perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Dengan Azure pengguna juga hanya membayar apa yang pengguna gunakan. Azure memiliki tawaran pelayanan yang sangat besar seperti Azure portal, monitoring alerts, Azure Search, Azure Media Services, Azure Automation, Azure Scheduler, dan masih banyak lagi.
Menarik banget, kan?

Okay, that's a wrap. Semoga temen-temen tertarik dan selamt mencoba!

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Jumping into the joy
Maira Gall